BAB SEPULUH
At-Tanwir fi-Isqothi at-Tadbir
Syeikh Ibn ‘Atho’illah as-Sakandary ra
At-Tanwir fi-Isqothi at-Tadbir
Syeikh Ibn ‘Atho’illah as-Sakandary ra
Macam-macam sikap Makhluk tentang Rizeki
(bag 2)
ثم قال الشيخ رضي الله عنه: (ومن شغل القلب وتعلق الهمم به).فشغل القلب بأمر الرزق قاطع عظيم حتى قال الشيخ أبو الحسن رحمه الله: (أكثر ما حجب الخلق عن الله تعالى شيئان: هم الرزق وخوف الخلق. وهم الرزق اشد الحجابين وذلك: أن أكثر الناس قد يخلوا من هم خوف الخلق ولا يخلو من هم الرزق إلا قليل لا سيما وشاهد الفاقة قائم بوجودك وأنت مفتقر إلى ما يقيم بنيتك ويشد قوتك. قوله: وتعلق الهم به أي تعلق الهمة بأمر الرزق توجها واستغراقا حتى لا يبقى فيه متسع لغيره، وهذه حالة توجب القطيعة وتكشف أنوار الوصلة تنادي على صاحبها بخراب قلبه من نور اليقين وفلسفة من القوة والتمكين. وقوله: ومن الذل للخلق بسببه: فاعلم أن من ضعف يقينه، وقل من قسمة العقل نصيبه فالذلة لازمة له: لطمعه في الخلق، ولعدم ثقته بصدق وعد، فذل للخلق متملقا ولج إليها متعلقا، وذلك عقوبتها الغفلة عن الله تعالى، ولعذاب الآخرة اشد.
Selanjutnya Syeikh Abu al-Abbas rohimahulloh berkata, “Dari kerisauan danketerkaitan hati kepadanya(rizeki)”. kerisauan hati menghadapi urusan rizeki merupakan penghalang yang sangat kuat . sampai-sampai Syeikh Abu al-Hasan as-Syadzily ra. berkata, “Dua hal yang paling sering menghijab makhluk dari Alloh swt. yaitu, kerisauan terhadap rizeki dan kecemasan/ketakutan terhadap makhluk”. Merisaukan rizeki adalah hijab yang paling hebat. Sebab, kebanyakan manusia mungkin bisa melepaskan diri dari kecemasan terhadap makhluk. Namun hanya sedikit yang bisa membebaskan diri dari kerisauan dalam urusan rizeki. Kerisauan melanda khususnya disaat kau teramat membutuhkan sesuatu untuk menjaga kelangsungan hidupmu.
Maksud perkataan Syeikh Abu- al-Abbas, “dan keterkaitan dengannya”. adalah keterkaitan hati terhadap urusan rizeki sehingga ia tenggelam didalamnya sehingga ia tidak memperhatikan hal lain. Inilah keadaan yang memutuskan hubungan (antara hamba dan Alloh). yang menggelapkan cahaya ibadah, yang mengosongkan hati pemiliknya dari cahaya keyakinan, serta menghilangkan kekuatan dan keteguhan.
Maksud perkataan Syeikh Abu- al-Abbas, “Dan merendah kepada makhluk karenanya”. Sikap merendah kepada makhluk itu disebabkan oleh kurangnya keyakinan. Kehinaan danrendah diri diakibatkan oleh sikap tamak kepada makhluk dan kurang percaya kepada Tuhan. Hal itu karena ia tidak menyadari pembagian Alloh yang telah ditetapkan untuknya dan tidak meyakini kebenaran janji-Nya. akhirnya, ia merendah kepada makhluk dan meminta kepada mereka. Itu semua diakibatkan oleh kelalaiannya kepada alloh swe. ia tidak menyadari bahwa siksa akhirat jauh lebih berat.
Macam-macam sikap Makhluk tentang Rizeki. Bag 3
Tidak ada komentar:
Posting Komentar